Khasiat dan Manfaat Benalu Teh

8:31 PM
Benalu teh pada umumnya tumbuh di kebun teh yang dibiarkan tidak terurus. Benalu teh tumbuh sebagai parasit pada tanaman teh, yang diantaranya disebabkan kotoran burung mengandung biji benalu tertempel di pohon. Kebun teh yang tidak terurus mengakibatkan pertumbuhan tanaman teh tinggi. Lokasi tersebut biasanya terletak pada areal yang produktivitasnya rendah dan secara ekonomis tidak layak untuk dipertahankan, seperti pada pinggiran atau lahan yang topografinya terjal.

Benalu teh tidak dapat dibudidayakan karena kesulitan bibitnya dan biasanya tumbuh sebagai parasit pada tanaman teh. Hal ini yang menyebabkan harga dari benalu teh menjadi mahal. Kesulitan pengambilan dan jarangnya pertumbuhan benalu teh, menjadi faktor lain yang menjadikan harga tinggi.
Benalu teh hidup sebagai tumbuhan parasit yaitu dengan mengambil nutrisi dasar yang dimiliki oleh inang (tanaman teh) yang selanjutnya diolah menjadi bahan makanan dan energi guna kebutuhan hidup pertumbuhan benalu tersebut. Tanaman teh sebagai inang benalu, maka sebagian kandungan senyawa yang bermanfaat diserap oleh benalu teh.


Dalam budidaya teh, adanya benalu teh merupakan gulma yang dapat merusak tanaman. Sifat merusak dari benalu ini, terdapat beberapa khasiat yang bagi kesehatan tubuh manusia. Diantaranya dikenal oleh masyarakat luas sebagai anti kanker. Spesies benalu teh yang dikenal yaitu macrosolen cochinensis dan scurrula atropurpurea.



Kasiat Benalu Teh ( Dendrophthoe Pentandra )
1. Membantu mengobati berbagai penyakit kanker atau tumor (kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, kista)
2. Membantu mengobati penyakit batu ginjal, gondok
3. Membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah
4. Membantu menurunkan darah tinggi, sakit pinggang, rheumatic, encok
5. Menghaluskan kulit muka dan menjadikan awet muda.


Takaran :
- 3 s/d 5 kali sehari untuk pengobatan
- Benalu Teh, harga Rp 40.000/ 200 gr

Cara Penggunaan :
1. Ambil 1 (satu) genggam benalu teh (+ 40 gram) direbus dengan 2 liter air, tunggu hingga airnya tinggal setengah ( 1 liter).
2. Kemudian saring dan biarkan satu malam (diembunkan) di dalam wadah tertutup di dalam rumah. Paling baik diminum pagi hari sebelum makan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »